Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dalam Penerapan Budaya Kerja Positif

Angelin Lu Prahsia  •  
January 27, 2020
Home » Resources » Self Development » Soft Skill » Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dalam Penerapan Budaya Kerja Positif
Budaya kerja positif good leader
Foto oleh Canva Studio dari Pexels

Tidak semua orang paham bagaimana cara untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Namun, Anda selalu bisa berupaya untuk melakukannya. Ini karena pemimpin yang baik sangat penting di tempat kerja. Anda sendiri tentu pernah mendengar cerita tentang pemimpin yang bersikap tidak baik terhadap karyawannya, hingga mereka merasa tak betah.

Maka dari itu, sikap seorang pemimpin bisa mempengaruhi produktivitas di tempat kerja. Ketika seorang leader bisa menunjukkan sikap yang baik, maka dia akan membuat karyawan merasa nyaman sehingga produktivitasnya juga ikut meningkat. Karyawan pun tidak akan merasa stres.

Oleh karenanya, mari simak bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang baik di tempat kerja berikut ini bersama match recruitment:

Mengkomunikasikan Visi dengan Jelas

Setiap karyawan ingin membawa perubahan yang baik bagi perusahaan. Pemimpin yang baik memiliki cara untuk mengkomunikasikan visi secara jelas kepada karyawannya. Sehingga mereka dapat memahami pentingnya pekerjaan yang sedang dilakukannya. Ini membuat karyawan merasa tertarik dan juga merasakan ikatan dengan pekerjaannya, sehingga mereka ikut senang mencapai target perusahaan.

Menghubungkan Visi Perusahaan dengan Tugas Sehari-Hari

Bos yang baik itu bisa memberikan gambaran kepada karyawan, tentang bagaimana pekerjaan yang mereka lakukan bisa mendukung tercapainya target perusahaan. Caranya yaitu dengan menjelaskan pengaruh dari tugas setiap karyawan, terhadap kemajuan perusahaan. Ini berarti good leader mampu menekankan pentingnya peranan setiap karyawan dengan tugasnya, bahkan yang terkecil sekalipun.

Membuat Standar Penilaian Performa yang Jelas

Riset menunjukkan bahwa karyawan mengalami stres, ketika mereka tidak memahami apa yang diinginkan perusahaan dari hasil performa mereka. Jadi, leader yang baik selayaknya bisa menjelaskan ekspektasi performa yang diharapkan dari setiap anggota timnya. Jelaskan job description yang detail termasuk setiap goal dari tugas masing-masing karyawan.

Memberikan Feedback dan Arahan Secara Konsisten

Karyawan membutuhkan feedback secara berkala tentang hasil pekerjaan mereka. Jelaskan apakah mereka sudah bekerja dengan baik untuk memenuhi target job description-nya. Coba bantu mereka memahami, apakah para karyawan Anda tersebut sudah melakukan pekerjaannya dengan tepat. Beritahu juga saat mereka melakukan kesalahan dan kekeliruan saat mengerjakan tugasnya. Pemimpin yang baik akan membantu mengembangkan karyawannya menjadi pribadi yang lebih baik, bahkan melebihinya.

Mempedulikan Karyawan Selayaknya Manusia

Karyawan juga merasa ingin dipedulikan selayaknya seorang manusia. Mereka ingin Anda memberikan perhatian secara personal. Seorang leader yang hebat akan meluangkan waktunya untuk mengobrol ringan dengan karyawan, menanyakan hal diluar pekerjaan seperti tentang kehidupan pribadi. Menunjukkan ketertarikan namun masih dalam batas wajar. Karena ini adalah salah satu yang baik untuk menjadi lebih dekat antara pemimpin dan rekan timnya.

Berbagi Pengalaman Pribadi

Good Leader yang berbagi cerita tentang pengalaman pribadinya berarti mampu menunjukkan sisi sensitif dalam dirinya. Ini membuat karyawan menghargai sisi kemanusiaan yang ada di dalam diri manajer mereka. Saat Anda mampu bercerita tentang kesusahan dan perjuangan Anda, baik dalam hal pekerjaan maupun kehidupan pribadi, ini dapat meningkatkan ikatan hubungan Anda dengan karyawan. Anda tidak hanya menjadi leader tetapi juga life mentor bagi karyawan Anda.

Membuat Pekerjaan Terasa Menyenangkan

Pernah ada kutipan dari seorang leader yang berkata bahwa, “jika Anda tidak bersenang-senang di tempat kerja, maka Anda mengerjakan pekerjaan yang salah”. Sebenarnya, kata-kata tersebut memang benar. Apapun bidang pekerjaan Anda, jika itu merupakan kesukaan Anda, mestinya Anda bisa bersenang-senang sambil mengajak karyawan ikut happy dalam menyelesaikan tugasnya.

Dapat kita simpulkan bahwa seorang leader yang baik memiliki cara untuk membuat karyawannya merasa dihargai. Sehingga dapat mengajak semua karyawan untuk menikmati pekerjaannya sambil mencapai target perusahaan.

match recruitment®
To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram