Top Skill yang Harus Dimiliki HRD dan Recruiter Profesional

Angelin Lu Prahsia  •  
August 13, 2021
Home » Resources » Self Development » Top Skill yang Harus Dimiliki HRD dan Recruiter Profesional
Top Skill yang Harus Dikuasai Seorang Recruiter Professional
Photo by Magnet.me on Unsplash

Tertarik untuk bekerja sebagai recruiter di HRD (Human Resource Department) perusahaan tapi masih belum tahu skill apa yang harus dimiliki?

Berkarir menjadi seorang recruiter merupakan pekerjaan yang sangat diminati sekarang ini. Karena seorang recruiter memiliki potensi networking yang sangat luas, melihat pekerjaannya selalu berhubungan dengan orang baru setiap harinya.

Namun, untuk menjadi seorang recruiter professional tidaklah mudah. Recruiter merupakan bagian penting sebuah perusahaan yang berkewajiban untuk menempatkan dan mempertahankan kandidat berkualitas di setiap divisi dalam sebuah perusahaan.

Untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas, pastinya recruiter atau HRD profesional harus menguasai beberapa skill tertentu yang membantu dong. Kira-kira, top skill apa saja yang harus dimiliki sebelum berkarir sebagai recruiter di HRD ya? Yuk simak selengkapnya bersama match recruitment!

Skill Komunikasi

Untuk menjadi seorang recruiter professional, memiliki skill komunikasi yang baik merupakan suatu kewajiban. Karena, pekerjaan seorang recruiter selalu berhubungan dengan orang baru khususnya para kandidat. 

Recruiter bertanggung jawab untuk berkomunikasi dari awal hingga akhir proses perekrutan bersama beberapa kandidat terpilih. Maka dari itu, sangat penting menguasai skill berkomunikasi baik verbal maupun non-verbal.

Dengan menguasai skill komunikasi yang baik, dapat dipastikan hubungan antara recruiter selaku perwakilan dari perusahaan dengan kandidat akan selalu baik terlepas dari hasil akhir yang akan diterima.

Skill Mendengarkan

Skill mendengarkan juga sangat penting dikuasai oleh seorang recruiter professional. Karena, dalam proses rekrutmen pastinya seorang recruiter harus sering mendengarkan segala informasi yang diberikan oleh para kandidat untuk menentukan kecocokan-nya dengan kebutuhan perusahaan.

Kemampuan Kerja Bertarget

Untuk menemukan kandidat yang berkualitas, pastinya seorang recruiter bersaing dengan recruiter dari banyak perusahaan lain. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki kemampuan kerja bertarget agar kita dapat dengan cepat menempatkan kandidat berkualitas pada posisi yang terbuka. Dengan demikian, kekosongan posisi tidak terlalu lama sehingga produktivitas perusahaan bisa berjalan normal. 

Melek Teknologi

Tak bisa dipungkiri, seorang recruiter wajib melek teknologi. Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, penting bagi recruiter untuk mengetahui platform apa yang harus digunakan saat mengiklankan lowongan. Serta platform apa yang harus digunakan untuk melakukan interview online, platform apa yang dapat digunakan untuk membantu proses screening CV kandidat, dsb.

Kesabaran Tinggi

Terakhir, dalam proses rekrutmen seorang recruiter harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi karena akan ada banyak tantangan di dalamnya. Mulai dari bertemu kandidat yang membatalkan interview tanpa kabar, kandidat yang sulit dihubungi, kandidat yang pelit berbicara saat interview, bahkan ketika sulit untuk menemukan kandidat yang tepat dalam waktu singkat.

Semua proses ini harus dilalui oleh seorang recruiter profesional dengan kesabaran tinggi, karena kewajiban mereka terhadap perusahaan pun sangat besar, maka setiap langkah yang diambil pun harus amat sangat hati-hati.

Good luck, match buddy!

match recruitment®
To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram