6 Hal yang Selalu Dilakukan oleh Professional Recruiters

6 Hal yang Selalu Dilakukan oleh Professional Recruiters
Photo by Sebastian Herrmann on Unsplash

Seperti yang kita ketahui, menjadi seorang professional recruiter pastinya memegang tanggung jawab yang tinggi dalam sebuah perusahaan.

Pasalnya, recruiter menentukan kualitas sumber daya manusia yang dipekerjakan dalam perusahaan tempatnya bekerja.

Tentunya, sumber daya manusia yang dipilih harus memenuhi standar dan kualitas yang sudah ditetapkan perusahaan untuk setiap posisi yang dibuka.

Dalam perjalanan seorang professional recruiters menemukan kandidat yang berkualitas, pastinya ada beberapa hal yang selalu diaplikasikan secara disiplin dan konsisten.

Yuk simak selengkapnya bersama match recruitment, apa saja hal yang selalu dilakukan oleh professional recruiters dalam perjalanannya menemukan kandidat yang berkualitas?

6 Hal yang Selalu Dilakukan oleh Professional Recruiters

Tanamkan Strategi Perusahaan sebagai Acuan Utama

Dalam perjalanan menemukan kandidat yang berkualitas, selalu tanamkan strategi dan goals perusahaan sebagai acuan utama.

Pelajari setiap detail tentang kandidat yang ada mulai dari keterampilan, karakter, dan pengalaman mereka. Pastikan itu semua sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kenali Setiap Kandidat Lebih Dalam

Tugas utama seorang professional recruiter adalah menemukan kandidat yang tidak hanya memenuhi syarat posisi yang terbuka tetapi juga harus sesuai dengan culture perusahaan. 

Karena keterampilan yang tepat tidak cukup membuat seorang kandidat untuk menjadi kandidat yang berkualitas.

Kenali setiap kandidat lebih dalam dan gali informasi sebanyak-banyaknya melalui interview session.

Tekankan Kebutuhan Pekerjaan daripada Keterampilan

Jelaskan secara detail kepada kandidat mengenai ekspektasi pekerjaan utama yang akan mereka lakukan.

Ini akan membantu setiap professional recruiter untuk mengelompokan kandidat lebih beragam dengan pengalaman dan latar belakang tetapi tetap menjaga kualitas perekrutan.

Memelihara Hubungan dengan Komunitas Talent

Sangat penting bagi setiap professional recruiter untuk membangun dan memelihara hubungan baik dengan komunitas talent yang dimiliki.

Itu akan sangat memudahkan recruiter untuk tetap terkoneksi dengan talent lama maupun baru yang bakatnya mungkin saja sesuai dengan posisi yang sedang dibuka.

Keep Up-to-Date

Seorang professional recruiter harus terus mencari tahu mengenai tren rekrutmen masa kini agar iklan pekerjaan menjadi lebih efektif.

Evaluasi setiap proses rekrutmen yang telah diselesaikan, cari tahu mengenai channel mana yang paling efektif, dan terapkan apa saja hal-hal baru yang sudah kamu pelajari.

Proaktif

Mulailah proaktif untuk memikirkan kebutuhan perekrutan yang akan datang. Aktif mengevaluasi apakan kandidat yang sudah dipekerjakan memberikan dampak terhadap departemen tertentu? Apakah ada kandidat yang tak lama lagi akan habis masa kontraknya?

Seorang professional recruiter harus selalu siap untuk mengisi kekosongan jabatan yang terjadi dalam suatu perusahaan dengan sigap, tepa, dan berkualitas.

Recruiter juga bisa memanfaatkan komunitas talent yang mereka miliki untuk mempermudah proses penyeleksian.

Professional recruiter harus sangat tekun dalam pekerjaannya, memiliki strategi khusus, dan selalu siap sedia menghubungkan kandidat yang berkualitas dengan perusahaan tempatnya bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

match recruitment®

To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram