Home
 » 
Resources » Recruitment 101 » Contoh Offering Letter yang Baik dan Benar

Contoh Offering Letter yang Baik dan Benar

Share This Post!

contoh offering letter

Umumnya, seseorang yang ingin mendapat pekerjaan harus mengirim surat lamaran kerja. Namun jika pihak calon karyawan sangat kompeten, Anda dari pihak perusahaan dan pemberi kerja bisa mengirimkan offering letter atau yang biasa disebut dengan surat tawaran kerja.

Susunan surat ini tentu berbeda dengan surat panggilan kerja biasa. Jika Anda ingin membuat golongan surat semacam ini, maka harus tahu dulu bagaimana susunannya yang tepat.

Agar lebih jelas, akan diberikan pemahaman mengenai pengertian sampai dengan contoh lengkapnya. Simak detail ini untuk mengetahui rincian jelasnya:

Apa Itu Offering Letters?

Jika Anda berkecimpung di dunia kerja yang bersinergi dengan banyak tenaga kerja, maka offering letter bukan lagi dokumen yang asing. Pengertian offering letter adalah surat penawaran yang bersifat resmi dan diberikan oleh pihak perusahaan kepada kandidat yang terpilih untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Dokumen offering letter memiliki arti sangat penting dan krusial untuk membantu pihak perusahaan berkomunikasi dengan calon pekerjanya. Oleh sebab itu, pembuatan surat penawaran ini juga harus jelas dan tidak bisa sembarangan.

Jika pembuatannya sembarangan, maka pihak calon pekerja juga akan kebingungan menanggapi isinya. Karena jika seseorang terpilih untuk menerima offering letter, maka bisa diartikan semua proses rekrutmen sudah dijalankan dengan struktur yang baik.

Fungsi Offering Letters

Mungkin bagi sebagian pihak, akan beranggapan jika offering letter ini hanya difungsikan untuk memberikan pemberitahuan tawaran kerja saja. Namun, Anda juga harus tahu bahwa surat penawaran ini memiliki fungsi yang jauh lebih kompleks dan jauh lebih mendalam.

Dengan adanya offering letter karyawan baru ini, maka pihak perusahaan juga bisa meyakinkan calon pekerja agar menerima tawaran kontrak kerjanya. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat orang yang akan direkrut adalah tenaga kompeten yang bisa saja tergiur dengan tawaran lainnya.

Oleh karenanya, setiap detail surat harus diperhatikan dengan baik agar pihak calon pekerja bisa semakin yakin untuk menerima tawarannya. Kalimat-kalimat yang digunakan dalam surat juga harus diperhatikan dengan baik agar pihak calon pekerja bisa merasa tertarik.

Komponen Offering Letters

Untuk membuat offering letter, maka Anda harus memperhatikan komponen-komponennya. Jika dirincikan, ada beberapa bagian atau komponen yang harus masuk dalam surat penawaran ini. Agar tidak bingung, simak detail dan rincian daftar berikut ini:

  • Salam pembuka yang jelas.
  • Identitas perusahaan berupa atau tambahan lainnya.
  • Identitas calon pekerja yang dikirimi surat.
  • Posisi dan jabatan yang sudah ditentukan lengkap dengan beserta deskripsi pekerjaan.
  • Upah, tunjangan, fasilitas, dan rincian benefit lainnya.
  • Tanggal awal bertugas..
  • Ketentuan kerja seperti sistem cuti perusahaan.
  • Batas waktu penawaran.
  • Salam penutup.

Semua rincian tersebut harus dimasukkan dalam surat penawaran dengan jelas. Jika Anda memasukkan setiap bagiannya, maka pihak penerima surat tidak akan sulit melakukan pemahaman dan bisa mulai mempertimbangkannya secara lebih mudah.

Saat ini, pembuatan offering letters bisa lebih mudah untuk dilakukan karena HRD tidak perlu repot-repot untuk menulis surat secara tertulis dan mengirimkannya melalui pos. Pihak HRD bisa mengetik langsung di komputer lalu dikirmkan melalui email kepada kandiat yang dituju. Kandidat yang menerima offering letter dari perusahaan pun bisa langsung membalas email saja setelah memutuskan untuk menerima tawaran kerja.

Contoh Offering Letter Karyawan Baru

Setelah Anda memahami semua penjelasan tentang offering letter di atas, maka Anda juga harus tahu contoh konkretnya. Pada susunan kali ini, akan diberikan dua contoh yang umum digunakan yaitu surat penawaran kerja dalam bahasa Indonesia dan bahsa Inggris.

Jadi bukan hanya penjelasan dasar dan komponennya, contoh lengkap offering letter juga harus dipahami agar proses pembuatannya lebih mudah. Agar Anda tidak bingung, simak rincian contoh berikut ini secara menyeluruh:

1. Contoh Offering Letter dalam Bahasa Indonesia

Untuk susunan pertama, ada contoh surat penawaran dengan bahasa Indonesia. Biasanya, surat ini akan dipakai untuk menawarkan pekerjaan kepada orang-orang di Indonesia. Penggunanya sendiri adalah perusahaan yang berbasis di Indonesia.

Proses pembuatan suratnya, tentu tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan panduan isi yang ada. Hal ini akan berkaitan langsung dengan pihak penerima surat. Jika suratnya tidak jelas, maka pihak penerimanya juga tidak akan paham. Ikuti contoh ini untuk pembuatannya:

 

Bandung, 1 Oktober 2022

Yth. Saudara Indah Kusuma

Jl. Bangka Raya No. 17

Bandung, Indonesia

Tanpa mengurangi rasa hormat,

Kami dengan senang hati menawarkan kepada Anda sebagai karyawan tetap di posisi akuntan di Agunan Corp dengan tanggal mulai 10 Oktober 2022. Untuk tindak lanjutnya, Anda bisa langsung melaporkan penerimaan kepada supervisor kami dengan kontak yang sudah kami lampirkan.

Kami yakin Anda mampu mengemban tugas di posisi tersebut guna berkontribusi dan berkembang dengan kami. Gaji awal untuk posisi yang akan Anda dapatkan ini adalah sejumlah Rp XXX yang nantinya akan dibayarkan per tanggal XX dengan metode transfer bank.

Selain rincian gaji ini, Anda juga akan mendapat beberapa benefit lain yang sudah kami jabarkan di lampiran. Anda sebagai karyawan akan memiliki hak dan tanggung jawab yang sepadan dengan karyawan lainnya dalam hal penyelesaian kerja.

Jadi, Anda bisa mengajukan keberatan jika nantinya hak Anda tidak terpenuhi dan kewajiban perusahaan tidak dilaksanakan.

Dengan senang hati, kami akan menerima konfirmasi Anda atas penawaran kerja ini. Penandatanganan akan dilaksanakan setelah Anda melakukan konfirmasi. Apabila ada pertanyaan lanjutan, mohon segera kontak kami.

Hormat kami,

Indra Wijaya.

 

2. Contoh Offering Letter dalam Bahasa Inggris

Selain contoh di atas, Anda juga akan diberikan contoh offering letter karyawan baru dengan bahasa Inggris. Susunan contoh seperti ini juga harus diketahui agar proses pembuatannya lebih mudah. Untuk mengetahuinya, simak rincian berikut ini:

 

Jakarta, October 1, 2022

Dear Mr. Felix Bautie

In place

Without detracting from the strand of respect, we as representatives of Kusuma Corps would like to present a detailed description of the job offer for the position of marketing manager. During the interview process that occurred, we were deeply impressed by all the details of your experience. Furthermore, we are also deeply impressed by the view you have for both personally and for the company ahead.

You'll get a two-month trial period. If in that time you can complete the job details properly and with the appropriate ethics, then you will be appointed a regular employee. For all the contributions you make to the company, you will receive a basic salary, a permanent allowance, and no permanent benefits. As for leave, we provide 20 days of sick leave and 20 days of paid leave in one year.

It's our great hope that you can join us and work with us starting October 10, 2022. But if you have a problem starting work on the details of the date, then you can inform us immediately. if you have any further questions, then please ask our contact. We're happy to accept your side as one of us.

Sincerely,

Widya Kanita (Human Resources Staff Chief).

Itulah penjelasan mengenai offering letter atau surat penawaran kerja secara menyeluruh. Pada susunan di atas, sudah diberikan dengan jelas mengenai pengertian, fungsi, hingga offering letter template dalam bentuk yang bisa langsung Anda diikuti dengan baik.

Merasa kesulitan untuk membuat surat-surat seperti ini untuk mengundang kandidat potensial berkerja di perusahaan Anda? Coba gunakan jasa headhunter! Anda tidak perlu repot memikirkan atau membuat offering lettersurat panggilan interview atau kerja. Selain itu, proses rekrutmen Anda pun bisa lebih hemat waktu, tenaga dan uang.

Hubungi match recruitment, perusahaan headhunter berpengalaman dan terpercaya selama lebih dari 10 tahun. Konsultasi gratis sekarang juga!


Share This Post!