Home
 » 
Resources » Self Development » Soft Skill » Cara Meningkatkan Motivasi Kerja dalam Diri Sendiri

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja dalam Diri Sendiri

Share This Post!

cara meningkatkan motivasi kerja diri sendiri

Membangun karir yang bagus bukan hanya tergantung dari keahlian yang dimiliki dalam bidang tersebut. Motivasi kerja dalam diri juga menjadi faktor yang menentukan keberhasilan karir, sebab tanpa motivasi tinggi, seseorang akan merasa tidak bersemangat melakukan pekerjaannya sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Untuk itu, penting sekali mengetahui cara meningkatkan motivasi kerja diri sendiri bahkan sebelum krisis semangat kerja terjadi.

Tips semangat kerja masing-masing orang mungkin saja berbeda karena setiap individu memiliki situasi dan kondisi yang berbeda. Satu hal yang pasti, bahwa meningkatkan motivasi kerja sangat bergantung pada diri kamu sendiri. Sebaik apapun lingkungan kerja dan se-positif apapun circle kolega tempat kamu berada, semangat kerja dapat merosot kapan saja jika tidak dipelihara dengan baik.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan semangat kerja yang dapat dicoba, yuk baca sampai habis!

Buat Daftar Kegiatan dan Target

Cara pertama untuk meningkatkan motivasi kerja agar tidak turun yang dapat dicoba mulai hari ini adalah membuat daftar kegiatan dan target untuk diri sendiri. Mungkin terlihat sepele dan tidak berkaitan langsung dengan motivasi diri. Namun, dengan memiliki daftar kegiatan serta target yang jelas, kamu jadi tahu dengan pasti arah dan tujuan semua aktivitas yang dilakukan di tempat kerja. Setiap kali merasa akan hilang arah dan tidak fokus, daftar kegiatan dan target yang harus terpenuhi akan menjadi cambuk yang menyalakan semangat kerja kembali. Dengan adanya target yang jelas, kamupun terpacu untuk melakukan yang terbaik supaya dapat memenuhi “janji” terhadap diri sendiri ini.

Rincikan Setiap Aktivitas

cara meningkatkan semangat kerja

Apa saja yang akan dilakukan bersama klien hari ini? Laporan apa yang mesti disiapkan untuk rapat dengan atasan? Rincikan setiap aktivitas yang akan dilakukan setiap hari. Beberapa jenis kegiatan mungkin membosankan dan membuatkKamu kehilangan semangat kerja.

Namun, siapa tahu dengan cara ini, dalam kegiatan tersebut ada beberapa detail menarik yang membuat motivasi kembali tinggi karena kamu merasa bahagia atau tertarik. Misalnya saja dalam agenda bertemu klien yang kebetulan demanding dan membuat kamu lelah, salah satu kegiatan yang direncanakan adalah koordinasi singkat di café favoritmu. Hal kecil seperti ini saja seharusnya dapat mengobarkan kembali semangat kerja yang sempat meredup.

Perhatikan Kebutuhan Tubuh

Bekerja keras memang kunci kesuksesan dan karir yang gemilang. Namun, ingat bahwa prestasi tersebut tidak ada artinya ketika tubuh lelah dan jatuh sakit. Ketika sakit, semua pekerjaan terbengkalai, semua target meleset dan akhirnya performa kerja menurun. Untuk itu, perhatikan kebutuhan tubuh kamu. Ketika merasa lelah, jangan paksakan untuk lembur hingga lewat tengah malam. Saat merasa penat dan stress, istirahatlah sebentar dari segala rutinitas kantor untuk sekedar me time di rumah atau menikmati perawatan di salon.

Memforsir tubuh lebih dari kemampuan maksimalnya hanya akan bertahan sebentar dan kemudian kamu akan merasa kelebihan beban, sehingga semangat kerja merosot seiring dengan lelah yang semakin menjadi. Dan dapat menyebabkan burnout yang berkepanjangan.

Jangan Lupa Istirahat

cara agar semangat kerja

Cara agar tetap semangat kerja berikutnya adalah dengan istirahat sesuai kebutuhan. Idealnya, tubuh membutuhkan tidur yang berkualitas setidaknya 6 jam dalam sehari dan akan lebih baik jika mencapai 8 jam.

Jangan menganggap tidur 8 jam ini hanya sebagai teori. Karena faktanya, ketika tubuh lelah, hormon stress akan menguasai tubuh sehingga kesehatan menurun, begitu pula dengan suasana hati. Saat suasana hati tidak baik, tubuh letih dan merasa tertekan dalam waktu yang lama, tanpa sadar motivasi kerja juga akan terpengaruh. Untuk itu, istirahatlah selama ada waktu. Alih-alih pergi bersama kolega sehabis pulang kerja hingga tengah malam, gunakan waktu ini untuk mengistirahatkan badan agar tubuh segar keesokan harinya dan semangat terus on.

Dengarkan Lagu Favorit

Musik selalu menjadi bagian dari tips agar semangat kerja. Alasannya, karena musik yang disukai efektif membangkitkan mood dan membuat pikiran rileks. Sehingga beban yang tadinya terasa berat jadi lebih ringan bahkan tanpa disadari berkat hati yang gembira.

Lewat musik, bukan tidak mungkin, kamu mendapatkan ide dan inspirasi kreatif yang membuat termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Namun ingat, pilihlah lagu yang memang membuat hati bahagia atau bersemangat. Bukannya lagu yang mengingatkan pada masa lalu atau cerita sedih yang pernah dialami karena malah akan membuat suasana hati melankolis.

Awali dengan Pikiran Positif

positive thinking

Aura yang kita pancarkan akan ditangkap oleh semesta dan dikembalikan dengan cara yang sama. Begitu kira-kira kata motivasi yang sering diajarkan di kelas meditasi dan self healing. Kendati mungkin merupakan teori, namun ada benarnya juga.

Ketika mengawali hari dengan pikiran positif, maka kamu akan memancarkan aura yang sama pada sekeliling sehingga lingkungan kerja juga lebih kondusif. Pikiran yang positif juga membuat kamu lebih termotivasi dan siap menghadapi tantangan yang mungkin akan muncul ke depannya. Kamu jadi mampu berpikir jernih dan tenang, sebab ada keyakinan bahwa segalanya pasti bernilai positif. Berpikir negatif baik pada diri sendiri maupun orang lain hanya akan membuat diri merasa lelah sehingga hilang semangat kerja.

Berikan Reward Kepada Diri Sendiri

Reward kepada diri sendiri dapat menjadi cara paling efektif untuk meningkatkan motivasi kerja selanjutnya. Penghargaan ini tidak harus mengeluarkan banyak uang, seperti dengan staycation atau belanja sana-sini dengan dalih reward. Jika ingin berterima kasih kepada diri sendiri, salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan adalah refleksi diri. Ingat kembali apa saja yang sudah dilakukan hari ini, bagaimana kamu melakukannya dan bagaimana cara mensyukurinya.

Penghargaan yang lebih bermakna adalah ketika kamu dapat melihat ke dalam diri dan berterima kasih dengan diri sendiri atas usaha sejauh ini sehingga kedamaian dapat dirasakan. Ketika kedamaian hadir dalam hati, semangat kerja akan naik lagi.

Berhenti Menunda Pekerjaan

motivasi agar betah kerja

Ada kalanya bermalas-malasan atau santai memang menyenangkan. Mengerjakan segala tanggung jawab dengan perlahan juga tidak bikin lelah. Namun, jangan jadikan ini sebagai kebiasaan sebab dapat berubah menjadi procrastination atau penundaan. Suka menunda-nunda pekerjaan akan memberikan beban kerja yang besar di kemudian hari. Sehingga pada satu titik kamu akan merasa kewalahan, kelelahan dan akhirnya kehilangan semangat bekerja.

Bukan hanya karena tubuh yang diforsir untuk menyelesaikan banyak hal, namun juga karena tekanan dari atasan supaya pekerjaan tersebut dapat terselesaikan seperti yang seharusnya. Kenali penyebab kamu menunda pekerjaan tersebut dan atasi akarnya. Lalu, lakukan apa yang sudah diagendakan hari ini sesuai dengan rencana awal supaya tidak ada pekerjaan yang tertunda, semua selesai tepat waktu dan kamu tetap semangat.

Fokus Pada Proses

Tidak semua yang diupayakan akan berujung pada keberhasilan yang gemilang, karena sejatinya manusia tidak dapat 100% menentukan hasil dari apapun. Namun, ketika menyadari bahwa kamu telah melakukan yang terbaik, semangat kerja akan tetap terjaga bahkan ketika hasilnya di luar perkiraan.

Untuk itu, belajarlah lebih fokus pada proses alih-alih hanya memerhatikan hasil akhirnya. Banyak hal yang dapat dipelajari selama proses tersebut dimana kamu mungkin menemukan hidden gem yang selama ini tidak disadari. Fokus pada proses juga menjadi langkah awal untuk menghargai diri sendiri.

Bekerja Bersama Rekan

motivasi agar betah kerja

Meskipun semangat kerja bersumber dari diri sendiri, namun lingkungan sekitar menjadi faktor yang memengaruhinya juga. Misalnya saja jika memiliki teman kerja yang suportif dan dapat diajak bekerja sama, motivasi kerja akan selalu terjaga sebab kamu tidak merasa sendirian.

Oleh karena itu, mulai sekarang bangunlah relasi yang baik dengan rekan kerja dan bekerja sama. Bekerja sama bukan hanya dapat meningkatkan bonding namun juga membagi beban pekerjaan yang selama ini terasa membebani.

Atur Pola Hidup

Semangat kerja berkaitan erat dengan pola hidup yang dijalani. Ketika hidup kamu teratur dan seimbang antara pekerjaan, keluarga, spiritual dan hiburan, maka emosi akan lebih teratur dan stabil. Kestabilan semacam ini membawa ketenangan dan kedamaian sehingga semangat kerja dapat terpelihara dengan baik. Pola hidup yang teratur mungkin tidak mudah didapatkan, tapi bukan tidak mungkin. Jadi, dari sekarang cobalah berkaca dan benahi ritme kehidupan kamu.

Semangat kerja menjadi penentu keberhasilan karir dalam jangka panjang. Lakukanlah berbagai tips di atas supaya motivasi tetap terjaga dan semangat semakin membara demi produktivitas yang lebih terarah.


Share This Post!