Home
 » 
Resources » Market Insights » Apa Perbedaan Human Capital dan Human Resources?

Apa Perbedaan Human Capital dan Human Resources?

Share This Post!

human capital vs human resource

Dalam konsep sumber daya manusia (SDM), terdapat istilah HCM vs HRM. Penggunaan kedua istilah tersebut seringkali membingungkan. Supaya bisa memahaminya, Anda perlu mempelajari perbedaan human capital dan human resources sebagaimana pembahasan kali ini.

Secara prinsip, human capital vs human resource digunakan dalam satu divisi yaitu mengurus elemen SDM pada perusahaan. Namun, terdapat perbedaan mendasar dari penyebutan tersebut. Bagi yang sedang berencana untuk melakukan peningkatan dalam usahanya dari segi sumber daya manusia, pasti perlu tahu dulu apa perbedaan human capital management dan human resource management.

Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Berikut ini pengertian dan perbedaan keduanya.

Apa Itu Human Capital Management (HCM)?

Sebelum mengamati perbedaan human capital dan human resources, sebelumnya perlu ditekankan pengertian dari HCM dahulu. Human capital management (HCM) merupakan departemen yang bertindak mengelola manusia dalam peranannya sebagai salah satu modal perusahaan. HCM memberikan beberapa keuntungan bagi perusahaan.

Meski human capital dan human resources berada dalam divisi yang sama, namun pada konsep HCM, karyawan dianggap suatu aset yang mampu berkembang nilainya. Aktivitas berupa merekrut karyawan, training, dan menggaji merupakan bagian dari investasi perusahaan.

Itulah sebabnya, kehadiran karyawan diharapkan mampu mendatangkan pengembalian berupa profit. Investasi lain kepada karyawan meliputi pengembangan skill, penyediaan fasilitas, dan kesempatan berkarir. Tentu saja, human capital vs human resource sangat berbeda dari segi konsep.

Human capital merancang strategi untuk meningkatkan loyalitas dan memaksimalkan kinerja karyawan. Dasar pengukuran HCM berupa pertumbuhan value karyawan serta pengembangan kompetensi yang berguna bagi kemajuan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan mampu mencapai tujuan dengan baik.

Sebelumnya pekerja atau karyawan hanya mempunyai kontribusi administratif, namun seiring berjalannya waktu SDM beralih menjadi suatu partner bisnis. Selama dibimbing dengan baik, maka akan mendatangkan hal positif bagi perusahaan. Adapun beberapa tugas HCM sebagai berikut:

  • Rekrutmen, berupa mengumpulkan tenaga kerja untuk perusahaan.
  • Onboarding, berupa mengenalkan bisnis, perlengkapan perusahaan, produk, aturan yang berlaku, beserta seluruh anggota tim.
  • Pengembangan yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
  • Evaluasi produktivitas karyawan, dilaksanakan melalui penilaian menggunakan survei.
  • Mempertahankan karyawan yang memiliki performa baik.

Apa Itu Human Resource Management (HRM)?

human capital vs human resource

Di sisi lain, human resource management atau disebut dengan HRM merupakan sumber daya yang dipersiapkan untuk mendukung terwujudkan perusahaan. Adapun perbedaan human capital dan human resources bisa dilihat dari sudut pandangnya. HRM memandang karyawan sebagai SDM yang dapat habis.

Berakhirnya masa karyawan dapat disebabkan oleh umur yang semakin tua, sehingga tingkat produktivitas berkurang. Oleh sebab itu, sebelum habis, perusahaan perlu mengoptimalkan pencapaian supaya dapat menerima profit optimal. HRM membimbing karyawan dengan cara merekrut, mengevaluasi, melatih, dan seterusnya.

Melalui usaha dan biaya yang sudah dikeluarkan, HRM perlu menjalankan strategi supaya membuat karyawan dapat mendatangkan profit maksimal. Human resource akan menilai pencapaian karyawan berdasarkan hasil pekerjaan dan kontribusinya untuk perusahaan.

Secara umum tugas dari HRM hampir sama dengan HCM, dimulai dari merekrut sumber daya manusia dengan modal skill terbaik dan menempatkan pada posisi tertentu. HRM juga akan melakukan penilaian pada setiap pekerja dan menyiapkan reward untuk menghargai loyalitasnya.

Perbedaan Human Capital dan Human Resource

Perbedaan Human Capital dan Human Resource

Bagi seseorang yang awam, mungkin memandang human capital management vs human resource management sebagai pekerjaan yang sama. Terdapat tiga aspek yang akan menunjukkan perbedaan antara human resources dan human capital. Untuk penjelasan lebih lengkap, Anda dapat menyimak poin-poin berikut:

1. Sudut Pandang

Berpedoman pada pengertian yang sudah dijabarkan di atas, bedanya human capital dan human resource terletak pada sudut pandang. HCM memandang pekerja atau karyawan menjadi aset yang berharga. Bahkan human capital menganggap karyawan merupakan partner terbaik bagi perusahaan.

Sebab, antara perusahaan dan karyawan juga mampu menghasilkan keuntungan. Semakin lama seorang karyawan bekerja, maka akan membawa profit besar untuk perusahaan disebabkan oleh pengalamannya. Begitu pun sebaliknya, karyawan juga mendapatkan profit melalui gaji.

Dalam menganalisis perbedaan HRM dengan HCM, human resource memandang pekerja atau karyawan sebagai sumber daya perusahaan. Sudah pasti sumber daya tersebut memiliki batasan atau masa berlaku. Semakin dikuras tenaga dan pikirannya, maka daya karyawan juga akan habis.

2. Fokus

Dasar perbedaan human capital management dan human resource management juga terletak dari titik fokusnya. HRM lebih memfokuskan diri pada pemenuhan kebutuhan karyawan, termasuk menyejahterakan setiap karyawan. Melalui pemberian reward, diharapkan karyawan tetap setia pada perusahaan.

Sedangkan, karyawan bagi HCM sangat penting untuk dikembangkan kemampuannya. Itulah alasannya, dilaksanakan pelatihan khusus untuk mengeksplorasi skill. Human capital fokus pada pengembangan agar karyawan memiliki value (nilai) yang lebih tinggi.

3. Ukuran

Poin terakhir beda human capital dan human resources yaitu seputar tolak ukurnya. Human resource umumnya menggunakan keberhasilan hasil kerja sebagai ukuran. Dengan demikian, HRM tidak memerlukan analisis apa pun untuk melihat sejauh mana perkembangan skill setiap karyawan.

Intinya karyawan mampu memberikan hasil terbaik bagi perusahaan, sehingga pelatihan SDM akan sangat jarang ditemui. Sedangkan, pada human capital seringkali dilaksanakan analisis sejauh mana skill yang dimiliki dan pengaruhnya untuk bidang usaha.

Apa Persamaan antara HRM dan HCM?

Sebagaimana pemaparan di atas, perbedaan human capital dan human resources cukup banyak. Namun, keduanya mempunyai persamaan yaitu menjadi bidang yang mengatur karyawan pada perusahaan melalui manajemen tertentu. HCM dan HRM memfasilitasi karyawan dengan sumber informasi sebagai berikut:

  • Rekrutmen
  • Pelatihan atau pengembangan
  • Talent management
  • Sistem administrasi karyawan
  • Kompensasi dan benefit
  • Manajemen biaya
  • Kesehatan serta keselamatan
  • Manajemen kerja

Mana yang Lebih Baik: Human Capital atau Human Resource?

human capital vs human resource

Apabila melihat perbedaan human resource dan human capital sebagaimana penjelasan sebelumnya. Kedua bidang tersebut tidak terlalu mempunyai perbedaan yang begitu besar. Lalu manakah yang lebih untuk perusahaan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebetulnya tergantung dari bidang industri yang Anda geluti. Beberapa perusahaan mungkin akan merasa sudah cukup menggunakan konsep HRM saja. Dengan demikian, konsep HCM tidak terlalu dibutuhkan bahkan diabaikan.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan ada perusahaan justru mengangkat konsep HRM saja tanpa HCM. Umumnya perusahaan memulai perekrutan karyawan dengan menerapkan konsep HRM. Sebab, konsep ini dinilai lebih aman dan tidak membawa masalah untuk kemajuan perusahaan.

Meski demikian, tidak bisa diputuskan dengan pasti manakah yang lebih baik bagi perusahaan antara kedua konsep tersebut. Sebab, keputusan ini harus melihat dari jenis industri dan tujuan perusahaan. Untuk memahaminya, Anda perlu menganalisis kondisi perusahaan dan kinerja SDM saat ini.

Apabila ditinjau dari sudut pandang karyawan dalam melihat perbedaan human capital dan human resources pada perusahaan. Maka konsep human capital akan lebih baik. Sebab pada konsep HCM, pekerja atau karyawan menjadi aset paling penting dan kehadirannya sangat dihargai.

Penerapan human capital pada karyawan mampu mendatangkan profit bagi perusahaan melalui pengembangan skill yang dilaksanakan. Itulah sebabnya, HCM membawa manfaat lebih besar sesuai dengan penjelasan antara human capital vs human resources di atas.

Setelah mengetahui kedua konsep di atas, Anda kini bisa memastikan konsep mana yang lebih tepat untuk perusahaan. Hal terpenting, karyawan tetap memerlukan pembinaan agar mampu menghasilkan SDM yang mumpuni. Harapannya perusahaan mampu mencapai tujuan tanpa melewatkan kebutuhan karyawan.

Itu dia penjelasan tentang perbedaan human capital dan human resources yang bisa Anda pelajari. Selain pembahasan tersebut, Anda juga bisa memahami seputar pekerjaan dan perusahaan. Misalnya tentang panggilan interview, offering letter, talent pool, dan seterusnya pada halaman kami.


Share This Post!