Simak Tujuan dan Manfaat dari Program Magang Bagi Perusahaan

Categories:
Tags:
Angelin Lu Prahsia  •  
March 28, 2022
Home » Resources » Recruitment Advice » Simak Tujuan dan Manfaat dari Program Magang Bagi Perusahaan

tujuan dan manfaat magang bagi perusahaan

Ternyata, program magang dapat memberikan banyak manfaat yang besar bagi perusahaan, loh. Siapa bilang program magang hanya menguntungkan bagi pegawai magang saja? Program magang juga dapat membawa banyak hal positif bagi pegawai tetap dan perusahaan secara keseluruhan.

Apa saja tujuan dan manfaat magang bagi perusahaan yang dapat membawa dampak positif ke depannya? Yuk kita simak satu-persatu di bawah ini bersama match recruitment.

1.    Perspektif yang Berbeda

perspektif baru

Adanya pegawai magang di kantor jelas dapat membantu pegawai tetap melakukan berbagai pekerjaan. Misalnya, mencari data dan sumber untuk kemudian diolah oleh pegawai tetap dan masih banyak lagi. Setiap orang pastinya memiliki cara pandang dan cara kerja yang berbeda-beda. Saat diberi tugas, para pegawai magang ini mungkin akan mengerjakannya dengan cara baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Pegawai magang umumnya berusia lebih muda daripada pegawai tetap. Sehingga, dari cara berpikir mereka yang berada di usia, bahkan generasi yang berbeda. Kita dapat memperoleh perspektif baru yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Dari sini, perusahaan mampu mendapatkan ide baru atau solusi yang lebih tepat guna dalam menyelesaikan masalah.

2.    Meningkatkan Produktivitas

meningkatkan produktivitas

Sudah bukan masanya lagi anak magang hanya diberi tugas membuat kopi setiap pagi dan fotokopi saja. Saat ini pegawai magang sudah dapat diberi tanggung jawab lebih yang hampir sama dengan pegawai lainnya. Selama diberi arahan yang benar dan selalu dibimbing, meski tidak berpengalaman sekalipun, para pegawai magang pasti dapat mempelajarinya.

Beberapa tugas yang dapat diberikan pada pegawai magang antara lain adalah analisis data, entri data, logistik, dan mencari solusi dari masalah yang tidak terlalu besar. Pegawai magang yang diberi kesempatan dan didukung oleh sekitarnya dapat memiliki rasa percaya diri yang baik. Disaat seperti inilah, mereka justru akan memberikan kontribusi yang dibutuhkan perusahaan.

Pegawai magang dapat membantu pegawai lainnya dalam berbagai pekerjaan agar tidak keteteran, apalagi kalau sedang musim sibuk seperti di akhir tahun. Mungkin juga, ada pekerjaan ekstra yang tidak diduga-duga. Dengan begitu, pegawai tetap dapat menyelesaikan tugasnya lebih cepat dan lebih baik. Produktivitas perusahaan pun juga dapat ditingkatkan.

3. Mencari Calon Karyawan Potensial

mencari calon karyawan potensial

Salah satu tujuan magang bagi perusahaan adalah mencari calon karyawan yang potensial ke depannya. Program magang biasanya dapat dilakukan sepanjang tahun. Perusahaan dapat membaginya menjadi beberapa periode, seperti program magang bulanan, per tiga bulan, atau setengah tahun. Apa pun pilihannya, dari sini perusahaan dapat menemukan kandidat potensial yang cocok untuk menempati posisi yang tepat di perusahaan.

Membuka program magang akan jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan langsung merekrut pegawai baru. Alasannya karena sebelumnya perusahaan sudah melihat potensi dari si pegawai magang dan begitu pula sebaliknya. Kalau terjadi hubungan timbal balik yang baik, hasilnya dapat jauh lebih langgeng dengan suasana kerja yang nyaman.

Sedangkan pegawai baru yang dipekerjakan via perekrutan bisa saja ternyata tidak memenuhi ekspektasi. Ini dapat terjadi karena sebelumnya pihak perusahaan tidak memiliki pengalaman bekerja dengan mereka. Dan dapat berpotensi bahwa ternyata setelah direkrut, hasil yang dicapai berbeda dari apa yang diharapkan, hal ini dapat disebut sebagai bad hire. Sedangkan bila merekrut pegawai magang, perusahaan sudah tahu sebelumnya seperti apa kualitas kerja dari pegawai magang tersebut.

4. Hemat Budget Tenaga Kerja

hemat budget

Pastinya kita semua sudah tahu kalau pegawai magang adalah sumber daya manusia yang tidak terlalu mahal. Beberapa program magang di perusahaan ada yang mendapatkan gaji, ada yang tidak diberi upah, tetapi dapat menggunakan berbagai fasilitas perusahaan sebagai gantinya. Intinya, ada hubungan timbal balik yang terjadi disini. Tetapi yang jelas, perusahaan tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk mempekerjakan pegawai magang.

Meski mendapat penghasilan yang rendah atau hanya dapat memanfaatkan fasilitas tertentu, uniknya pegawai magang adalah sumber daya manusia yang memiliki motivasi yang sangat tinggi. Alasannya karena mereka bersemangat dalam mencari pengalaman kerja atau demi memenuhi tugas akhir perkuliahan. Tentu perusahaan juga merasa diuntungkan dengan adanya pegawai yang bersemangat tinggi.

5. Membawa Suasana Baru

suasana kerja baru

Dengan adanya keberadaan pegawai baru, pasti akan membawa suasana baru di tempat kerja pula. Hal ini dapat menjadi hal yang baru, menyenangkan dan menguntungkan bagi perusahaan. Anak muda dapat mempunyai ide baru yang unik dan tidak terpikirkan oleh pegawai tetap yang umumnya usianya sudah lebih tua. Pegawai magang juga dapat membawa ide baru berdasarkan pengalaman mereka dari sudut pandang konsumen.

Suasana baru dan ide baru dapat membuat suasana perusahaan setiap harinya menjadi lebih menarik. Memang mungkin suasana yang positif tidak dapat dibawa oleh setiap pegawai magang, Tetapi, pasti ada hal positif dari pegawai magang yang lebih muda yang dapat kita dipelajari. Entah itu cara mereka bekerja atau semangatnya yang mengingatkan pegawai lama terhadap tujuan awal mereka ketika bekerja di perusahaan.

6. Menambah Citra Perusahaan

meningkatkan employer branding

Tujuan dan manfaat magang bagi perusahaan yang berikutnya adalah dapat meningkatkan citra perusahaan. Berbagai perusahaan besar mungkin telah mengantongi beberapa nama dan telah menjadi tujuan banyak mahasiswa begitu mereka lulus dan mencari kerja. Tetapi untuk perusahaan yang lebih kecil, mereka memerlukan lebih banyak perhatian dari para pencari kerja. Untuk itu, perusahaan dapat memulai dari mempekerjakan pegawai magang terlebih dahulu.

Dengan mulai membuka lowongan magang untuk mahasiswa, setidaknya lebih banyak orang mulai mengetahui tentang perusahaan kamu. Bila program magang dijalankan dengan sungguh-sungguh dan dapat mempekerjakan cukup banyak pegawai dengan baik, maka berita dari mulut ke mulut pun dapat ikut tersebar. Bukan tidak mungkin nantinya bila terdapat lulusan yang berkualitas yang akan melamar di perusahaan kamu.

Perusahaan yang memperlakukan pegawai tetap mereka dengan baik, sudah jelas banyak peminatnya. Apalagi kalau sudah terbukti dapat memperlakukan program magang dengan baik dan serius. Ini dapat menjadi promosi gratis yang nyata dan meningkatkan employer branding perusahaan, karena berdasarkan pengalaman asli dari para karyawan magang itu sendiri.

7.    Peluang Mentoring

tujuan magang bagi perusahaan

Tidak semua orang sudah dibekali dengan kemampuan leadership dan mentoring secara alami. Tapi bukannya tidak bisa sama sekali, tentu dapat dipelajari. Dengan mempekerjakan pegawai magang, perusahaan jadi memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan mentoring para pegawai tetap. Terutama mereka yang sebelumnya belum pernah memiliki kesempatan memimpin sama sekali.

Jelas ini dapat jadi training yang bagus untuk pegawai tetap dalam mengembangkan kemampuan leadership mereka. Karena suatu hari, pegawai tetap mungkin akan memegang posisi penting tertentu di dalam manajemen. Dengan diberi tugas supervisi pegawai magang, pegawai tetap akan terasa lebih nyaman dibandingkan langsung diberi tanggung jawab supervisi ke pegawai yang sudah ada.

8.    Lebih Melek Teknologi

tujuan dan manfaat magang

Biasanya pegawai magang memiliki latar belakang lulusan SMA atau mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir atau terlahir di generasi Milenial atau Generasi Z. Dimana anak-anak muda jauh lebih melek teknologi dan lebih mengenali tren terkini. Tak dapat dipungkiri, anak muda lebih terampil dan lebih cepat beradaptasi pada teknologi paling mutakhir dibandingkan pegawai tetap yang usianya jauh lebih tua. Padahal mungkin mereka bukan ahlinya, tetapi lebih banyak mengerti dan mengenali teknologi terbaru.

Dengan memberi peluang kepada pegawai magang untuk bekerja di perusahaan kita, secara tidak langsung kita juga menerima perkembangan terkini seputar perubahan teknologi. Jadi bukan hanya pegawai magang saja yang dapat belajar pengalaman kerja dari kita, pegawai lama pun juga dapat tetap belajar banyak mengenai teknologi dan tren terbaru dari pegawai magang. Sama-sama menguntungkan.

match recruitment®
To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram