Home
 » 
Resources » Recruitment 101 » Tips Optimalkan Rekrutmen Online Perusahaan Berkali-Kali Lipat!

Tips Optimalkan Rekrutmen Online Perusahaan Berkali-Kali Lipat!

Share This Post!

rekrutmen online

Rekrutmen online merupakan salah satu metode rekrutmen karyawan baru yang saat ini begitu diminati. Preferensi tersebut bukannya tanpa alasan, mengingat rekrutmen online memiliki sejumlah kelebihan, meliputi efisiensi,fleksibilitas, hingga penghematan biaya bagi perusahaan maupun pelamar kerja. Rekrutmen online juga memungkinkan perusahaan menjaring lebih banyak pelamar tanpa batasan wilayah sebab semuanya terhubung dengan internet.

Namun, cara perekrutan seperti ini tidak selalu menjamin perusahaan mendapatkan kandidat yang memenuhi kualifikasi. Jika ditangani dengan sembarangan, rekrutmen online bahkan tidak dapat menarik pelamar sama sekali atau malah salah rekrut karyawan untuk mengisi sebuah posisi. Dua kemungkinan ini sama-sama merugikan perusahaan sehingga diperlukan tips online recruitment yang dapat mengurangi kemungkinan rekrutmen yang gagal.

Berikut adalah beberapa tips recruitment online yang dapat kamu jadikan panduan bersama match recruitment.

Optimalkan Company Profile

Company profile atau profil perusahaan berisikan informasi mengenai bidang, divisi, visi, misi dan juga prestasi perusahaan. Informasi ini biasanya tertera di laman resmi perusahaan yang ada di dunia maya ataupun website. Jika kamu ingin rekrutmen online berhasil dengan baik, mengoptimalkan profil perusahaan menjadi tips rekrutmen online yang pertama.

Alasannya adalah pelamar akan mencari tahu tentang identitas perusahaan melalui website resminya. Sehingga sangat penting untuk memperbarui konten atau informasi seputar profil perusahaan secara berkala agar lebih meyakinkan. Mengubah tampilan laman yang sudah ketinggalan zaman juga dapat dilakukan untuk memberikan kesan yang lebih fresh dan modern.

Manfaatkan Situs Rekrutmen dan Medial Sosial

channel rekrutmen online

Tips kedua yang membuat rekrutmen online lebih optimal dan menarik banyak peminat adalah dengan memanfaatkan situs rekrutmen dan juga sosial media. Setelah merancang iklan lowongan pekerjaan yang jelas dan menarik, pasang penawaran tersebut di berbagai situs rekrutmen terpercaya, seperti Jobstreet atau LinkedIn.

Perusahaan juga dapat memanfaatkan berbagai jenis sosial media yang sedang populer seperti Facebook atau Instagram untuk menarik lebih banyak jobseeker. Agar tidak kalah saing dengan iklan lowongan pekerjaan lainnya, pastikan tampilan iklan kamu terlihat lebih hidup serta mencantumkan benefit yang dapat diperoleh pelamar sebagai konten tambahan.

Membangun Komunitas Talent

Talent adalah kandidat yang diproyeksikan dapat memenuhi kualifikasi dari perusahaan. Dengan membangun komunitas talent, akan lebih mudah bagi perekrut untuk melakukan seleksi secara online. Memiliki komunitas talent juga akan membantu menghemat waktu karena hanya kandidat terpilih saja yang menjalani proses seleksi yang ketat. Sehingga proses rekrutmen online juga lebih terfokus.

Cara ini juga membantu perusahaan untuk mendapatkan calon karyawan yang benar-benar sesuai dengan kriteria yang ditentukan tanpa mengorbankan waktu, energi dan sumber daya dari kedua belah pihak.

Optimalkan Search Engine Optimization

meningkatkan rekrutmen online

Jika ingin iklan lowongan pekerjaan yang dipasang dilihat oleh banyak orang, maka perusahaan harus familier dengan serba-serbi mesin pencari. Pelamar dapat menemukan iklan yang dipasang dengan mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan lowongan tersebut, baik itu posisi yang diinginkan ataupun nama perusahaan tempat mereka ingin bergabung. Kata kunci pencarian ini termasuk dalam sistem SEO atau search engine optimization.

Dengan mengoptimalkan SEO, kemungkinan iklan dilihat oleh pengguna internet akan semakin besar karena konten yang diunggah muncul di halaman pertama bahkan deretan teratas hasil pencarian. Jangan ragu bekerja sama dengan perusahaan lain yang lebih ahli dalam bidang ini agar hasil lebih optimal.

Diversifikasi Strategi Rekrutmen

divertifikasi strategi rekrutment

Jangan hanya mengandalkan satu atau dua strategi rekrutmen saja jika ingin menarik kandidat yang sesuai dengan kualifikasi, apalagi jika rekrutmen dilakukan secara online. Pasalnya, tidak ada yang pernah tahu strategi rekrutmen seperti apa yang akan sukses menjaring calon karyawan potensial. Misalnya saja, jika biasanya wawancara dilakukan melalui sambungan telepon supaya lebih cepat dan hemat, cobalah sesekali melakukan panggilan video atau video conference yang mempertemukan kandidat dengan divisi yang berkaitan.

Pertemuan secara virtual ini memudahkan perusahaan memberikan penilaian yang lebih valid sebelum benar-benar mempekerjakan kandidat tersebut. Dari sisi kandidat, pertemuan virtual juga membantunya memahami budaya tempat kerja yang akan dimasukinya.

Utamakan Kualitas > Kuantitas

Jumlah pelamar yang mengirimkan berkas lamarannya ketika rekrutmen online memang dapat menjadi tolok ukur keberhasilan penggunaan situs rekrutmen. Semakin banyak jumlah pelamar berarti strategi marketing perusahaan terbukti bagus. Namun, banyaknya jumlah pelamar ini bukan penentu keberhasilan perusahaan dalam menemukan kandidat yang tepat untuk sebuah posisi.

Daripada membuang waktu menyeleksi ratusan pelamar yang belum tentu cocok untuk mengisi jabatan yang ditawarkan. Akan lebih baik jika perusahaan berfokus ke lebih sedikit kandidat yang memang memenuhi kualifikasi awal yang ditentukan. Dengan begini, perusahaan juga tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk proses rekrutmen yang ternyata sia-sia.

Gunakan Pre-Employment Test

pre employment test

Pre-employment test adalah bagian dari rekrutmen online yang dinilai sangat efisien untuk menyaring dan menyeleksi kandidat yang melamar pada suatu posisi. Tes ini dilakukan untuk melihat kecocokan individu tersebut dengan kualifikasi yang ditentukan oleh perusahaan. Penyaringan pelamar ini dapat membantu perekrut supaya dapat lebih fokus pada kandidat yang benar-benar potensial alih-alih terlalu banyak meluangkan waktu dan sumber daya untuk menyeleksi individu yang ternyata tidak sesuai dengan yang dibutuhkan.

Ciptakan Branding yang Kuat

Bukan hanya perusahaan yang memilih karyawan, pelamar kerja juga berhak memilih perusahaan yang sesuai dengan dirinya. Itulah alasannya perusahaan perlu memiliki branding yang kuat supaya pelamar yakin bahwa inilah tempat yang tepat untuk membangun karir. Branding yang kuat juga memberikan kesan bahwa perusahaan memiliki karakter yang berbeda dengan tempat kerja lainnya di luar sana. Dengan kata lain, branding adalah cerminan jati diri perusahaan yang sudah seharusnya dipelihara dan diperkuat jika ingin mendapatkan calon karyawan yang berpotensi.

Ciptakan Human Touch

human touch

Rekrutmen online banyak menggunakan teknologi seperti sistem, aplikasi atau berbagai hal yang seringkali tidak lagi menggunakan tenaga manusia karena semuanya serba otomatis. Meskipun lebih efektif dan efisien, perlu diingat bahwa calon karyawan adalah manusia yang butuh dihargai dan diperlakukan dengan baik sehingga pastikan untuk memberikan human touch pada setiap proses rekrutmen. Hubungan yang baik antara perusahaan dan kandidat dapat memberikan kesan kuat bahwa keberadaannya dibutuhkan, bukan karena kemampuan dan potensinya saja yang diharapkan. Dengan begini, calon karyawan tidak akan berpaling ke perusahaan lain.

Latih Tim Rekrutmen Perusahaan

Melakukan rekrutmen secara online bukan berarti tidak membutuhkan kemampuan manusia sama sekali. Sistem, channel atau aplikasi yang digunakan tetap memerlukan sumber daya manusia untuk mengoperasikannya. Belum lagi jika ingin mendapatkan kandidat yang sesuai, kamu harus menggunakan strategi yang beragam.

Untuk itu, buatlah tim rekrutmen yang terdiri dari personil dengan kemampuan seleksi yang baik. Berikan pelatihan terhadap tim ini supaya proses perekrutan karyawan baru dapat ditangani dengan baik dan perusahaan tidak kehilangan calon karyawan potensial yang dapat memajukan bisnis. Tetapi, bila perusahaan kamu belum memiliki sumber daya manusia dan pengalaman yang dibutuhkan, jangan sungkan untuk menggunakan jasa executive search profesional untuk membantu kamu, seperti match recruitment.

Kemajuan teknologi mengubah banyak hal, termasuk dalam proses rekrutmen kerja. Rekrutmen online tentu memberikan banyak kelebihan selama perusahaan melakukan prosesnya dengan baik. Salah satunya dengan menerapkan tips di atas supaya rekrutmen lebih optimal. Semoga membantu ya!


Share This Post!