Catat! Tips Mencari Karyawan Baru yang Tepat dalam Perusahaan

Categories:
Tags:
Angelin Lu Prahsia  •  
January 29, 2020
Home » Resources » Recruitment Advice » Catat! Tips Mencari Karyawan Baru yang Tepat dalam Perusahaan
Solusi mendapatkan kandidat
Foto oleh Tirachard Kumtanom dari Pexels

Mencari karyawan baru yang tepat itu memerlukan upaya maksimal, terkadang rekruter mencari tips yang mampu membantu mereka. Karena bagi recruiter, ini bisa menjadi suatu proses yang cukup menantang. Salah satu penyebabnya karena market rekrutmen sekarang ini makin kompetitif saja. Jadi, jika Anda ingin mencari karyawan baru yang paling tepat, maka Anda perlu menerapkan tips dan strategi untuk menarik calon kandidat terbaik.

Mulai dari menyebarkan lowongan di media sosial dan berbagai platform website job hunting, hingga menyeleksi database khusus yang menampung data profil kandidat potensial, Anda perlu melaksanakan metode yang tepat untuk mengatasi berbagai tantangan dalam rekrutmen.

Simak tips mencari karyawan baru yang sudah match recruitment siapkan untuk membantu kamu,

Definisi Calon Kandidat Ideal Versi Anda

tips mencari karyawan baru

Menurut Anda, seperti apa penampilan kandidat ideal yang seharusnya? Mulai dari performance berdasarkan penampilan hingga kecakapan dan keterampilannya, selayaknya Anda memiliki semacam patokan tersendiri. Sebab, jika standar Anda tidak jelas, ini justru akan mempersulit Anda, karena pilihannya tidak terbatas. Definisi untuk standar kandidat ideal ini, perlu Anda tetapkan sebelum menuliskan job description dengan jelas.

Jelaskan Job Description Secara Jelas

membuat job description

Hal pertama yang biasanya diperhatikan oleh kandidat saat mereka melamar pekerjaan adalah job description-nya. Job description ini akan membantu mereka untuk memahami skill yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan tersebut. Juga, memastikan apakah mereka memang ingin bekerja di perusahaan tersebut. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjelaskan job description ini dengan tepat. Jika job desc dijelaskan dengan lengkap hingga gajinya, maka ini justru berpotensi membuat kandidat lebih tertarik.

Berkomunikasi dengan Calon Kandidat Potensial

komunikasi dengan calon karyawan

Tim yang paling mendapatkan tekanan saat proses rekrutmen adalah bagian human resource department atau HRD. Jika ini Anda, akan ada deadline tersendiri dalam menentukan batas waktu untuk menemukan karyawan baru yang tepat. Kendalanya, kadang kandidat tepat tersebut tidak bisa langsung datang begitu saja.

Untuk itu, setelah menyebarkan lowongan kerja, Anda bisa menyeleksi lamaran yang masuk. Pilih kandidat terbaik saja, dan langsung hubungi mereka untuk melakukan komunikasi lebih awal. Ini menghemat waktu Anda sekaligus memudahkan Anda menemukan kandidat yang paling potensial saja.

Optimalkan Halaman Website Bagian ‘Karir’

tips mencari karyawan baru

Saat ada kandidat potensial mengunjungi website Anda, maka ini berarti mereka sudah merasa tertarik untuk bekerja di perusahaan Anda. Maka dari itu, Anda perlu menjadikan website Anda platform yang bisa meyakinkan kandidat tersebut, untuk memasukkan saja curriculum vitae atau CV, resume, portofolio dan surat lamaran mereka.

Oleh karena itu, optimalkan tampilan dan konten halaman website Anda bagian ‘Karir’, di mana di situ menjadi tempat mencantumkan lowongan pekerjaan dari perusahaan Anda. Coba tambahkan juga video testimoni dari karyawan perusahaan, foto-foto event, serta masing-masing anggota tim beserta fotonya. Ini akan terasa lebih menarik.

Permudah Proses Lamaran Pekerjaan

proses rekrutmen

Tidak sedikit perusahaan yang membuat proses melamar kerja di sana itu sulit. Ini bisa membuat banyak kandidat seketika merasa takut hingga ragu dan akhirnya tidak jadi melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Sebab, mereka sudah merasa kalau prosesnya akan terasa ribet.

Jadi, kalau Anda ingin membuat kandidat merasa tertarik, dan bahkan tidak ragu untuk memasukkan CV dan resume, maka Anda bisa membuat proses submit-nya lebih mudah. Misalnya, kandidat cukup mengisikan profil pribadi secara lengkap, melampirkan CV dan portofilio, lalu submit dengan sekali klik saja. Proses yang mudah pasti membuat kandidat potensial lebih tertarik.

Semoga bermanfaat!

match recruitment®
To assist corporations fulfilling their human capital need, and advancing careers of talented professionals in Indonesia.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram