Home
 » 
Resources » Recruitment Advice » Wajib Tahu! Cara Cari Kandidat yang Tepat untuk Perusahaan

Wajib Tahu! Cara Cari Kandidat yang Tepat untuk Perusahaan

Share This Post!

Jika karyawan memiliki keahlian, kemampuan dan kepribadian yang bagus, maka performa perusahaan dipastikan akan memuaskan dan bahkan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Itulah sebabnya, proses rekrutmen karyawan baru tidak boleh diremehkan. Segala tahapan cari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan harus direncanakan dan dilaksanakan dengan cermat supaya tidak terjadi bad hiring.

Masalahnya,mencari kandidat pekerja tidak selalu mudah. Kadang perusahaan terjebak pada pilihan yang salah karena terburu-buru. Ada kalanya juga perusahaan justru tidak menemukan kandidat karyawan yang sesuai dengan ekspektasi padahal penambahan pekerja perlu dilakukan dengan segera. Agar bisa menemukan calon karyawan yang sesuai kualifikasi dengan lebih mudah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba.

Membangun Branding Perusahaan

branding perusahaan

Faktanya, bukan hanya perusahaan atau pemberi kerja saja yang mencari kandidat pelamar. Pelamarpun juga mencari perusahaan yang sesuai dengan kriterianya. Itu artinya, agar dapat mencari kandidat karyawan sebanyak mungkin atau yang paling sesuai dengan kebutuhan, maka branding perusahaan perlu dibangun sejak awal.

Branding perusahaan dapat dibentuk sesuai dengan budaya kerja dan juga industri yang dijalankan. Misalnya untuk perusahaan start up atau e-commerce, menekankan lingkungan kerja yang dinamis, solid, modern namun santai dapat menjadi branding yang diusung untuk menggaet calon pelamar di kalangan anak muda.

Satu hal yang perlu diingat adalah sebaiknya branding ini bersifat konsisten atau tidak berubah-ubah yang menimbulkan kebingungan bagi para pelamar kerja. Inkonsistensi informasi, termasuk branding, akan menimbulkan kesan bahwa perusahaan kurang profesional dimana hal ini sangat berpotensi membuat calon karyawan undur diri karena ragu dengan tempat kerja tersebut.

Definisi Calon Kandidat Ideal Versi Anda

Selain menggunakan hasil analisa HRD dan human capital sebagai acuan memasang kriteria mencari kandidat karyawan, sebagai pihak penyeleksi, perusahaan juga dapat mendefinisikan calon kandidat ideal yang diharapkan. Hal ini bertujuan supaya selain dengan rambu-rambu terukur, perusahaan dapat menilai calon karyawan berdasarkan kriteria ideal yang dibutuhkan. Namun, tentu saja ideal di sini harus dalam koridor wajar dan profesional.

Misalnya, dalam kriteria perusahaan disebutkan bahwa kandidat harus memiliki latar belakang akademik yang sesuai dengan pengalaman kerja di bidang serupa minimal 1 tahun. Dengan kualifikasi ini maka calon kandidat ideal dapat didefinisikan sebagai seseorang yang memenuhi ketentuan rekrutmen, dan punya kepribadian positif, mampu beradaptasi dengan cepat serta bisa bekerja dengan target.

Publikasikan Lowongan Kerja

publikasikan lowongan kerja

Menginformasikan lowongan kerja yang ada kepada karyawan dalam perusahaan memang dapat menjadi cara cari kandidat karyawan baru dengan referensi. Namun, jika ingin menjaring pelamar yang lebih luas maka perusahaan juga perlu mempublikasikan lowongan tersebut kepada masyarakat.

Beberapa saluran yang dapat dimanfaatkan adalah sosial media, job portal, platform rekrutmen karyawan terpercaya hingga memasukannya ke instansi pendidikan dengan bidang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan begini, akan lebih banyak orang yang tahu mengenai posisi yang sedang ditawarkan sehingga kemungkinan menjaring kandidat pekerja jadi lebih besar.

Tulis Jobdesc Secara Jelas

Cara membuat job description

Jobdesc atau job description adalah informasi yang menjelaskan tugas dan tanggung jawab yang akan diemban oleh kandidat jika berhasil mendapatkan posisi yang ditawarkan. Oleh karena tanggung jawab yang dituliskan pada lowongan ini menunjukkan gambaran pekerjaan sehari-hari, itu artinya kemampuan kandidat dalam melaksanakannya akan memengaruhi kinerjanya dan performa perusahaan.

Menuliskan job description dengan jelas adalah cara mencari karyawan yang baik. Selain dapat memberikan preview pada pelamar kerja supaya mereka dapat mempersiapkan diri sejak awal dan menyesuaikannya dengan kemampuan, jobdesc juga menjadi acuan bagi perusahaan untuk menentukan kualifikasi karyawan.

Berkomunikasi dengan Calon Kandidat Potensial

Berkomunikasi dengan Calon Kandidat

Perlu dipahami bahwa bukan hanya calon pekerja saja yang membutuhkan pekerjaan yang ditawarkan, perusahaan juga membutuhkan kandidat terbaik untuk membantu meningkatkan performanya agar tidak kalah saing dengan bisnis yang lain. Itulah sebabnya, sebagai pemberi kerja jangan ragu atau gengsi untuk menjalin komunikasi yang baik dengan calon kandidat potensial.

Cara berkomunikasi ini dapat dilakukan secara tertulis lewat email, misalnya untuk mengabarkan follow up hasil seleksi atau menginformasikan perkiraan tanggal hasil tes akan keluar. Sambil menyampaikan info tersebut, jangan lupa untuk memberikan apresiasi terhadap usahanya dalam menujukkan kemampuas terbaik selama seleksi dan sebagainya. Dengan cara ini, kandidat merasa lebih dihargai dan dimanusiakan.

Manfaatkan Sosial Media

media sosial

Sosial media menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Ini dapat menjadi peluang bagi perusahaan untuk memasarkan lowongan pekerjaannya. Perusahaan dapat memosting iklan lowongan pekerjaan secara online di Instagram atau sosial media lain yang banyak digunakan berbagai kalangan. Jangan lupa memberikan tanda pagar atau tagar yang banyak dicari supaya iklan yang dipasang lebih mudah ditemukan oleh para pencari kerja.

Jika kesulitan menarik perhatian calon pelamar lewat sosial media, jangan ragu meminta bantuan pada layanan jasa marketing terpercaya. Dengan pengalaman yang dimilikinya, iklan lowongan kerja akan lebih mudah diakses oleh para pengguna sosial media dan menarik kandidat.

Optimalkan Halaman Website Bagian ‘Karir’

Optimalkan Halaman Website

Tidak mau membayar uang lebih untuk promosi lowongan pekerjaan di platform rekrutmen atau sosial media? Bukan masalah, selama perusahaan memiliki website resmi sendiri. Pada website ini, pemiliki yaitu perusahaan dapat mengatur menu pada laman, salah satunya menampilkan menu “karir”. Bagian ini dapat dimanfaatkan untuk memasarkan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka untuk memudahkan pelamar yang mencari kerja.

Jika memutuskan untuk menggunakan fitur “karir” pada laman resmi perusahaan, yang perlu dilakukan adalah mengoptimasi website tersebut agar lebih mudah ditemukan oleh para pencari kerja. Syukur-syukur jika perusahaan memiliki divisi IT yang mampu menanganinya. Jika tidak punya, maka perlu dilakukan kerjasama dengan layanan optimasi website terpercaya.

Menemukan Kandidat Pasif

menemukan kandidat pasif

Kandidat pasif adalah calon karyawan yang tidak sedang mencari pekerjaan, namun kemampuannya dibutuhkan oleh perusahaan. Umumnya, kandidat pasif ini memiliki kualifikasi jempolan namun susah ditemukan karena sudah bekerja di tempat lain dan dia tidak sedang menjadi job hunter. Untuk dapat menemukan kandidat ini, perusahaan dapat memanfaatkan referensi dari karyawan sendiri.

Jika sudah mendapatkan profil dari kandidat pasif, yang perlu dilakukan adalah pendekatan persuasif. Caranya, hubungi melalui email atau sambungan telepon lalu berikan penawaran menarik jika dia mau bekerja di perusahaan Anda. Gaji yang lebih besar, kesempatan mengembangkan diri, bonus, tunjangan, atau kelebihan yang lain dapat menjadi daya tarik yang susah diabaikan.

Permudah Proses Lamaran Pekerjaan

permudah proses lamaran pekerjaan

Jika ingin mendapatkan banyak kandidat, termasuk yang memiliki kualifikasi baik, ada baiknya untuk mempermudah atau menyederhanakan proses lamaran pekerjaan. Jangan terlalu lama berkutat pada tes tulis atau berbagai tahapan wawancara yang makan waktu. Cukup lakukan seleksi yang dapat memerlihatkan keahlian dan kepribadian calon karyawan kemudian umumkan hasilnya dalam waktu cepat.

Gunakan Jasa Headhunter

jasa headhunter

Masih mengalami kesulitan dalam menemukan karyawan berpotensi? Cara mencari karyawan baru yang tepat yang terakhir adalah dengan menggunakan head hunterHeadhunter adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang rekrutmen tenaga kerja dimana kualifikasi yang digunakan untuk proses seleksi adalah berdasarkan permintaan perusahaan klien. Jasa headhunter menawarkan banyak sekali keuntungan dan memiliki jaringan atau network yang sangat luas.

Jadi, mereka tidak memiliki kesulitan dalam menemukan kandidat karyawan yang dibutuhkan perusahaan. Headhunter juga memudahkan proses rekrutmen agar lebih cepat, hemat, dan menghasilkan kandidat yang tepat. Sehingga mencegah kerugian perusahaan akibat kekosongan posisi strategis yang terlalu lama. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya rekrutmen sia-sia karena mendapat kandidat yang salah.

Salah satu jasa headhunter yang bisa digunakan adalah match recruitment. Dengan pengalaman dan jam terbang selama bertahun-tahun di bidang rekrutmen karyawan pada berbagai perusahaan, match recruitment dapat membantu menemukan kandidat karyawan terbaik untuk membantu memperbaiki performa perusahaan.

Akhir Kata

Itulah berbagai cara cari kandidat karyawan agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan menerapkan cara tersebut, kesalahan rekrutmen dapat diminimalkan. Apalagi jika menerapkan cara terakhir yaitu menggunakan jasa headhunter dari match recruitment. Tidak perlu lagi pusing dengan berbagai strategi karena match recruitment yang akan mengatur segalanya. Mereka akan merancang strategi rekrutmen terbaik untuk perusahaan, jadi ayo konsultasi gratis sekarang!


Share This Post!